7 Tips Mendesain Kamar si Kecil Agar Nyaman dan Bikin Betah

7 Tips Mendesain Kamar si Kecil Agar Nyaman dan Bikin Betah

  16 Jan 2023

Buat para orang tua, mendesain kamar buah hati adalah sebuah hal yang menarik untuk dilakukan. Namun terkadang orang tua lupa bahwa kamar tersebut akan ditempati anak-anak, sehingga cenderung kurang berfungsi karena desainnya kurang disukai anak-anak. Oleh karena itu, menggunakan jasa desain rumah untuk mendapatkan desain terbaik dan disukai anak.

Biar hal itu tidak terjadi di rumah baru nanti, Anda bisa menerapkan beberapa tips saat akan mendesain kamar anak-anak tersayang. Penasaran? Ini penjelasan lengkapnya.

7 Tips Mendesain Kamar si Kecil

Dengan menerapkan enam tips berikut ini, si kecil pastinya akan sangat suka dengan kamarnya sendiri. Termasuk merasa bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kerapiannya lho!

Diskusi Konsep

Sebelum memulai melakukan desain, pastikan untuk mendiskusikan konsep kamar dengan si kecil. Biarkan mereka memberikan pendapat soal warna, karakter, hingga furniture yang diinginkan. Gunanya agar anak menjadi merasa memiliki kamar tersebut karena mereka ikut dalam proses desain hingga selesai.

Karakter Anak Menjadi Acuan

Setelah menampung pendapat anak, selanjutnya Anda bisa menentukan desain yang cocok sesuai karakter anak dan apa yang mereka inginkan. Misalnya untuk anak laki-laki aktif, bisa didesain sebuah kamar dengan beberapa mainan tambahan agar anak tidak bosan di kamar dan bisa terus eksplorasi banyak hal.

Spot Menarik di Dalam Kamar

Sebagai menunpang penerapan karakter di dalam kamar buah hati Anda, buat beberapa spot yang disukainya. Contoh, spot bermain dimana ada beberapa alat permainan yang memang disukainya. Kemudian ada spot belajar dengan sebuah meja belajar dan peralatan pendukung lain.

Lalu ada spot tidur, dengan sebuah tempat tidur yang didesain sesuai yang mereka mau misalnya berbentuk mobil untuk anak laki-laki. Bisa juga berbentuk love mewah untuk anak perempuan.

Jika ruangan cukup besar, dapat ditambahkan spot lainnya sesuai request anak dan Anda bisa mewujudkannya.

Bunk Bed Bisa Dijadikan Pilihan

Jika kamar terbatas dan anak Anda berjumlah dua atau lebih, maka bisa memanfaatkan bunk bed sebagai salah satu upaya meminimalisir kesan sumpek. Dengan tempat tidur bertingkat, anak tetap merasa memiliki areanya sendiri di dalam kamar.

Kemudian manfaatkan juga furniture buit in yang akan membantu memberikan kesan lapang pada ruangan kamar tersebut.

Pilihan Warna yang Menarik

Kolaborasi warna kamar juga perlu dijadikan perhatian, bisa dipilih perpaduan warna lembut pada dinding utama kemudian warna cerah pada sisi dinding lainnya. Anda juga bisa memberikan sentuhan wallpaper dengn motif yang disukai si kecil.

Kalau Anda bingung dengan pilihan warna yang tepat, bisa konsultasi langsung dengan tenaga profesional melalui situs desainrumah.co.id.

Gantungan dan Lampu Anti Mainstream

Karakteristik kamar anak yang tidak bisa dilupakan adalah gantungan ainti mainstream misalnya gantungan pesawat dan mobil di langit-langit kamar yang bisa bercahaya di malam hari. Kemudian pilih lampu unik dan lucu dan tempatkan pada spot strategis seperti di plafon atas tempat tidur atau di sudut kamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *